MENGENAL LEBIH DEKAT TROFEO PERSIJA


Trofeo Persija atau bisa di sebut juga sebagai Piala Persija Jakarta di gelar untuk merayakan kelahiran Persija Jakarta. Turnamen ini rutin di selenggarakan setiap tahunnya oleh Persija Jakarta yang biasanya di adakan pada bulan November atau Desember.

Episode pertama Trofeo Persija di gelar

Pada episode yang pertama ini terjadi di musim 2011 dengan mengundang 2 klub yaitu PSMS dan SRIWIJAYA FC. Laga tersebut berlangsung pada 27 November 2011 di SUGBK. Turnamen ini, Persija keluar sebagai Juara setelah dua kali adu penalti.

Episode kedua Trofeo Persija di gelar

Setelah episode pertama di gelar dengan sukses, akhirnya Persija kembali mengadakan Trofeo Persija di tahun berikutnya yaitu pada musim 2012. Turnamen tersebut di selenggarakan pada 24 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Meskipun tak di perkuat oleh sang kapten, Bambang Pamungkas, Persija Jakarta sukses mempertahankan gelarnya sebagai Juara dengan catatan mampu mengalahkan Persisam Putra Samarinda dan Arema FC masing masing dengan skor 1-0 dan 2-1.

Episode ketiga Trofeo Persija di gelar

Pada episode kali ini, berbeda dari dua episode sebelumnya, Di mana jumlah tim yang ikut serta ialah 4 klub. Dengan kondisi seperti itu, Trofeo Persija di gelar selama 2 hari pada 29 dan 30 desember 2013.

Trofeo Persija 2013 ini di wakilkan oleh 2 tim lokal, Persija dan Arema. Sedangkan 2 tim luar yang ikut serta yaitu Thai Army (Thailand) dan PDRM FA (Malaysia). Persija gagal mempertahankan gelarnya, Arema lah yang keluar sebagai Juara.

Episode keempat Trofeo Persija di gelar

Ada hal yang unik pada episode kali ini, di mana yang seharusnya episode keempat di gelar pada tahun 2014 ternyata di undur pelaksanaannya menjadi tahun 2015. Ada 3 tim yang bermain pada turnamen ini yaitu tuan rumah Persija Jakarta, dan 2 tim undangan Arema FC serta Sriwijaya FC.

Persija, Arema dan Sriwijaya berhasil keluar sebagai Juara bersama dalam Trofeo Persija 2015 setelah ke tiga tim tersebut mengumpulkan jumlah poin yang sama pada laga yang di gelar 11 Januari 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Episode kelima Trofeo Persija di gelar

Episode kali ini tanpa di hadiri oleh Arema FC, Persija mengundang 2 tim lainnya yaitu Bali United dan Psm Makassar pada 9 April 2016. Persija lagi dan lagi keluar sebagai yang terbaik dengan menumbangkan 2 tim tamunya masing masing skor akhir 0-0 (4-1 penalti melawan Psm Makassar) dan 1-0 (melawan Bali United).

Setelah itu, sepertinya Trofeo Persija tak lagi terdengar kabarnya hingga musim saat ini. Yang awalnya sudah di rencanakan untuk kembali di gelar, namun apa daya tampaknya para The Jakmania masih perlu bersabar dan penuh berharap untuk di adakannya kembali Trofeo Persija di SUGBK.

Pada tahun 2017 Trofeo Persija di tiadakan karena Persija ikut ambil bagian pada beberapa turnamen. Hal itu membuat jadwal yang sangat padat sekali dan sulit untuk menggelar Trofeo Persija. Namun Persija ikut pada Trofeo Bhayangkara 2017, dengan mempertemukan Bhayangkara FC, Arema FC dan Persija Jakarta. Sayangnya Persija hanya menjadi juru kunci dengan mengemas 1 poin hasil dari imbang melawan Bhayangkara FC.

Pada tahun 2018 lagi dan lagi Trofeo Persija tidak di selenggarakan. Tetapi Persija mengikuti turnamen pramusim yang berlangsung di Malaysia dengan melawan Kelantan FA (sebagai tuan rumah) dan Ratchaburi FC (dari Thailand).

Persija keluar menjadi Juara di ajang Boost Sportfix Super Cup 2018 setelah Ractchaburi menang menghadapi Kelantan FA dengan skor 4-3 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Kendati demikian 3 tim tersebut mempunyai catatan yang sama yakni satu kali menang dan satu kali seri.

Tetapi, Persija Jakarta berhasil memuncaki klasemen karena selisih gol yang lebih baik di banding 2 tim lainnya. Tim Macan Kemayoran memiliki gol plus satu, kemudian Kelantan FA nol dan Racthaburi minus satu.

Kritik dan saran serta donasi, atau jika ada kesalahan dalam penulisan maupun artikel, silahkan hubungi kami di infonobarpersija@gmail.com
Lebih baru Lebih lama