MATERI PRESENTASI MENGENAI APA ITU PUBLIC SPEAKING


PUBLIC SPEAKING
  • Pengertian Public Speaking
Speaking merupakan kegiatan penyampaian pesan berupa ide/gagasan secara moral atau lisan. Kemudian arti dari Public Speaking itu sendiri adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya. Public Speaking juga diartikan sebagai "Pembicaraan Publik" yang maksudnya berbicara didepan orang banyak juga.
  • Manfaat Public Speaking
Mengurangi Ketidak Tahuan, seperti memberikan suatu informasi yang awalnya tidak tahu menjadi tahu akan informasi tersebut
Mengurangi Tekanan, yang awalnya gugup tampil dikhalayak umum menjadi berani karena terbiasa berbicara didepan banyak orang
Menyelesaikan Permasalahan, Public Speaking banyak sekali ragamnya, seperti contoh Motivator. Yang memberikan pengaruh kepada para audiensnya untuk memotivasi diri.
  • Tujuan Public Speaking
Seorang pembicara yang baik dapat mempengaruhi baik pemikiran maupun perasaan audiensnya. Public Speaking sangat diperlukan dalam berbagai konteks, antara lain dalam kepemimpinan, sebagai motivator, pendidikan, bisnis, agama, sampai komunikasi massa seperti berbicara ditelevisi atau untuk pendengar radio.
Dengan penjelasan lain seperti :
  1. Informasi = hanya sekedar memberikan pesan
  2. Influence = untuk mengarahkan sikap atau perilaku khalayak
  3. Participants = mengikuti pesan yang disampaikan untuk diikuti atau dijadikan sebagai teladan bagi khalayak.
  • Fakta Public Speaking
Tidak semua orang bisa melakukan Public Speaking. Ada banyak yang menjadi faktor tersebut, contoh ketidak adanya keberanian, nervous dan tertekan/belum terbiasa. Ini adalah beberapa penyebab terjadinya hal tersebut, antara lain :
  1. Pengalaman pertama
  2. Suasana baru
  3. Belum siap tampil
  4. Lupa materi dan sebagainya.
Public Speaking bukan lagi monopoli MC, Presenter, Public Figure, ataupun para birokrat. Perkembangan zaman telah "memaksa" setiap orang untuk menguasai kemampuan bicara didepan umum, Siapapun dia, apapun profesinya. Sayangnya, masih banyak orang yang phobia untuk tampil dimuka umum.

Kemudian Public Speaking, bentuk komunikasi dimana seorang pembicara menghadapi pendengar dalam jumlah yang relatif besar.

Hal yang membentuk seseorang menjadi pembicara yang efektif :
  1. Proses belajar dan berlatih, Dengan proses belajar dan latihan yang baik, seseorang yang zero bisa menjadi hero dalam public speaking. Sebaliknya, seseorang dengan bakat, tapi tanpa pembelajaran lebih lanjut dan latihan, hanya akan menumpulkan dan membuat bakatnya berkarat.
  2. Lingkungan Yang Kondusif, merupakan faktor dalam konsistensi seseorang untuk menjadi seorang speaker yang baik. Konsistensi ini akan terganggu manakala lingkungan tidak memberikan support yang positif. Bagi kebanyakan kasus, akhirnya lingkungan yang kemudian mengendalikan individu, dengan pengaruh yang sangat dasyat.
  3. Keberanian dalam bertampil, “modal” utama seorang menjadi pembicara adalah memiliki keberanian untuk tampil didepan orang banyak. Hal ini tidak sepenuhnya keliru, akan tetapi jauh dari separuhnya benar. Keberanian tanpa ditunjang oleh pengetahuan dan ketrampilan dalam mengirimkan pesan ke audiens Anda, akan menjadikan diri Anda layakanya “orang mabuk” yang sementara mengocek tidak karuan didepan orang lain.
  4. Bakat dalam diri sendiri, Bakat. Disadari bakat turut memberikan investasi positif bagi keberhasilan seseorang untuk menjadi speaker. Namun, banyak pakar komunikasi menyatakan bahwa faktor ini bukan faktor utama. Namun faktor ini turut menentukan tenggang waktu kemahiran ketrampilan dalampublic speaking.
Kiat Khas Public Speakers :
  1. Persiapan matang untuk materi pesan maupun psikologis, pada point ini anda dituntut untuk menyiapkan materi pesan yang akan disampaikan
  2. Ketahui dengan baik siapakah calon khalayak anda, sesuaikan dengan materi yang hendak anda sampaikan, contoh seperti khalayak muslim tentang agama.
  3. Bersikap optimis bahwa ketika anda diminta untuk berbicara, disaat waktu tiba anda bicara maka tanamkan sebuah kepercayaan diri bahwa anda itu bisa untuk melakukannya.
  4. Jangan malu membawa teks apabila sulit menghafal, dalam menjadi seorang pembicara kita juga diperbolehkan dalam membaca teks untuk menghindari lupa materi.
  5. Hindarkan kalimat yang akan melukai perasaan orang lain, seperti contohnya sara yang menghina suatu agama.
  6. Hindari mengenakan aksesoris yang menganggu penampilan, seperti memakai pakaian yang nyaman saat tampil.
Teknik dasar menguasai Public Speaking :
  • Teknik vokal dan pernafasan public speaking
Teknik vokal terpenting adalah intonasi yang benar, stressing pada kata/kalimat tertentu yang dianggap penting, pelan saat permulaan dan akhir (volume), mainkan kecepatan dalam beebicara (speed/tempo) biar tidak monoton, perhatikan pula artikulasi (kejelasan kata/kalimat) dan pelafalan kata yang benar (pronounciation).
  • Mengatasi grogi atau gugup ketika berada didepan umum
Secara umum, cara mengatasi grogi berbicara didepan umum dalam public speaking adalah dengan menguasai materi/tema pembicaraan disertai banyak latihan. Dengan menguasai materi, kita akan percaya diri dan terbiasa. Kita selalu ingat bahwa Practise Make Perfect (latihan menjadikan sempurna). Sesuatu yang pada awalnya dirasakan sulit bila sudah biasa dikerjakan akan menjadi mudah. Penyebab dari grogi itu sendiri adalah kurangnya pengalaman.
  • Cara menyiapkan materi presentasi public speaking yang baik
Presentasi yang baik adalah presentasi yang efektif dan efisien. Efektif artinya maksud dan tujuan presentasi bisa disampaikan oleh public speaker dan diterima oleh audiens. Efisien artinya tool yang digunakan sesuai dengan kebutuhan presentasi.

Keberanian berbicara didepan umum merupakan hal utama yang sangat penting dalam public speaking. Seseorang akan sulit berbicara didepan umum jika tidak memiliki keberanian.

Orang akan menjadi sangat gugup dan berbicara terbata-bata hingga berkeringat dingin jika tidak memiliki keberanian dalam dirinya sendiri untuk berbicara didepan umum. Karenanya, dibutuhkan latihan dan persiapan sebelum melakukan public speaking.
  1. Pemahaman yang mendalam artinya hal yang harus diutamakan dalam public speaking adalah menguasai persoalan secara rinci dan mendalam.
  2. Pilih istilah yang tepat artinya dalam penggunaan istilah yang resmi dan presisi ini memungkinkan penyampaian pesan yang lebih efektif.
  3. Menuturkan cerita, story telling memang efektif untuk menyampaikan gagasan besar. Hal ini menjadi favorit para pembicara publik yang berkarakter motivator seperti Anies Baswedan
  4. Menghargai lawan dan rekan bicara, kepada moderator penghargaan itu bisa berupa terima kasih yang tulus atau menyampaikan prestasi moderator dan mengajak penonton untuk memberi penghargaan, misalnya berupa tepuk tangan.
  5. Berbicara terstruktur dan lancar artinya jika ingin mengangkat sebuah topik, cobalah mempelajari pengetahuan yang dalam dan lengkap.
  6. Intermezzo adalah sebuah kata yang mengandung arti gurauan/candaan, tentu saja itu disampaikan dengan bahasa tubuh berkelakar.
  7. Sopan dan santun artinya tinggalkan kesan meninggikan diri, Hal ini ditunjukkan lebih banyak bahasa tubuh misalnya tersenyum.
  8. Selalu bersikap positif, seseorang yang mempunyai sikap positif dapat mengubah kepribadian yang membosankan menjadi kepribadian yang menarik.
Alur Public Speaking :
  1. Canalizing Ideas adalah memilih pesan yang akan disampaikan.
  2. Planning Design adalah merancang tata cara penyampaian pesan.
  3. Mapping Your Route adalah merencanakan bagan penyampaian pesan.
  4. Acquiring Knowledge adalah menambahkan isi pesan yang disesuaikan dengan tujuan public speaking.
Beberapa ragam public speaking :
  1. Slide Talks adalah bentuk penyampaian pesan menggunakan dukungan visualisasi seperti berupa gambar.
  2. The Toast adalah bentuk penyampaian pesan yang sangat lazim kita kenal sebagai sambutan seperti pidato.
  3. Debating adalah pemaparan visi dan misi yang disertai dengan mempertahankan tanggung jawab isi pesan, seperti debat pilkada yang banyak berupa janji.
  4. The Political adalah bentuk pidato yang dipakai terutama saat kampanye program.
Kesimpulan

Public Speaking merupakan kegiatan berbicara dimuka umum yang tentunya harus kita kuasai dengan baik karena kemampuan. Public Speaking adalah suatu hal yang fundamental untuk dimiliki oleh kita sebagai seorang mahasiswa. Ada beberapa teknik-teknik dalam public speaking, mulai dari teknik pernafasan, gaya tubuh, intonasi suara, dan memengaruhi audiens.

Dalam public speaking tentunya ada hambatan-hambatan atau kendala-kendala seperti rasa kurang percaya diri, tidak mampu serta perasaan takut, namun semua hal itu dapat kita carikan solusinya dengan berbagai cara diantaranya penguasaan materi, intensitas latihan, membuat point-point serta mendukung gagasan dari point-point yang akan dibahas nantinya.
Lebih baru Lebih lama