PERJALANAN MENJADI SEORANG BLOGGER SUKSES

 

Halohaa brader, Banyak sekali yang bertanya, "Bang, tips buat menjadi blogger gimana?" Dan sebagainya. Baiklah, disini gua bakal cerita perjalanan menjadi seperti sekarang ini, yang bisa mendapatkan uang dari blogger. Ya mungkin ini nantinya bakal menjadi inspiratif buat kalian semua yang mau jadi seorang blogger haha.


Berawal dari sebuah keisengan, yang merasa bosan dalam bermain handphone. Terkadang gua itu selalu punya prinsip seperti ini "Gua harus bisa memberi manfaat kepada orang banyak", dengan itu seketika terlintas dibenak, "kalo gua jadi blogger, menulis sebuah artikel yang bermanfaat dan dibaca oleh orang banyak, itu keren banget pasti". Akhirnya gua membuat sebuah blog, yang pada saat itu tampilannya masih sangat sederhana dan hanya tau melalui tutorial di youtube saja haha.


Banyak orang bilang "kalo lu mau menjadi seorang blogger, lu harus mengerti dan paham mengenai copywriting". Menurut gua tidak dan itu salah. diawal dalam membuat blog, gua sama sekali tidak paham bahkan tidak begitu tau mengenai apa itu copywriting? Tapi, selagi gua membuat artikel yang baik dan positif, itu saja menurut gua cukup untuk menjadi seorang blogger. Tapi memang, copywriting sangatlah penting untuk seorang penulis, tapi ya balik lagi ke dirinya masing masing ya sob.


Sebelum kamu menulis sebuah artikel, kamu harus tau dulu, target yang kamu tuju itu siapa?. Contoh misal, artikel saya mengenai hacking, target yang saya tuju itu adalah buat orang orang yang mau belajar hacking. Coba kamu menulis beberapa artikel dengan topik yang berbeda, kita lihat mana yang paling banyak diminati oleh para pembaca. Jika sudah jelas, maka konsistenlah dengan topik tersebut untuk kedepannya.


Jika kamu sudah jelas apa yang mau ditulis dan diisi dalam blognya, maka konsisten dalam menulis. Seperti contoh, kamu mengupload artikel 2x/minggu atau sebagainya. Para senior bilang, musuh terbesar dalam menjadi seorang blogger adalah rasa malas. Benar, itu yang gua alami selama ini, terkadang kalau mau nulis artikel selalu saja ada rasa malas yang menganggu. Tapi itulah kegunaannya dalam berkonsisten ya sob, jangan malas dalam menulis artikel, intinya semangat.


Kalau tujuan utama kamu menjadi seorang blogger adalah mendapatkan uang itu jangan dulu deh sob, ubah mindset kamu segera. Yang paling penting adalah bagaimana caranya supaya artikel/blog yang kamu buat itu bermanfaat untuk orang banyak. Jika pembaca senang, maka kamu akan senang, begitupun sebaliknya. Jika kamu sudah merasa, blognya sudah mantap dan luar biasa, baru deh kamu pikirkan gimana sih cara mendapatkan uang dari ngeblog.


Setelah kamu berhasil mendapatkan adsense/penghasilan dari ngeblog, janganlah melihat dari jumlah nominal yang didapat ya sob. Kita syukuri saja apa yang sudah didapat, dan tetap konsisten dalam ngeblog, InsyaAllah penghasilan kamu akan naik dengan sendirinya.


Mungkin sampai situ dulu ya sob hehe, lain kali kita bercerita dan saling sharing lagi. Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi blog gua, kalau misal ada sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan komen/kontak saja ya sob, see you byee.

Lebih baru Lebih lama